Jumat, 25 Maret 2011

bekerja=beribadah

"hari ini,mau beli softener, sama parfum laundry..biar pelanggankuu sukaa..soalnya mereka suka kalo bajunya wangiii...;-p"

"iya,ati2 ya,,yang buat baju itu lembut dan nyaman dipake,sbnrnya bukan softenernya,tapi hati mbak ketika nyuci baju mreka juga harus lembut dan ikhlas,,doa ini yang buat mreka balik lagi ke toko,,"


sepenggal obrolan yang selalu saya ingat dan saya tanamkan kepada semua asisten saya di toko...bekerja untuk ibadah, itu yang selalu dan selalu bliau ingatkan untuk saya..bagaimana menjaga hati, bagaimana agar bisa survive, bagaimana agar bisa kuat..selalu dan selalu beliau ingatkan..

dulu ketika masih mengajar, hari2 ketika mengajar rasanya benar2 untuk beribadah..benar2 kerasa perjuangannya...
tapi ketikan skr buka usaha sendiri..sempat terasa ada yang hilang, kalo dulu benar2 terasa perjuangan untuk ibadahnya, kalo skr, apa yang bisa menjadi sisi ibadahnya....

ternyata,pelan2 sudah ketemu jawabnya..
pekerjaan saya sebagai tukang cuci pakaian,justru ini nilai ibadahnya..

"pekerjaanmu itu mulia, mbak bantu ringankan beban orang orang lain dengan cara nyuci pakaiannya..dimana orang lain itu ga punya waktu untuk nyuci..coba liat pelanggan mbak..kebanyakan ibu2 atau bapak2?"

"ibu2 pekerja..juga bapak2, mas...."

"nah, udah kliatan kan..ibu2nya kerja buat ngrewangi suaminya, bapak2nya pasti bapak2 yang ngerantau,jauh dari istri dan anak..kerja semuanya untuk keluarganya.. dan mbak di sini hadir untuk bantu mreka,lewat hal2 kecil yang ga mampu mereka lakukan,karna itu lakukan dengan hati yang tulus..."


ternyata...semua pekerjaan, apapun itu..baik pagi siang ato malam sekalipun, baik panas ato hujan...ketikan sudah diniatkan untuk ibadah dan dilakukan sepenuh hati..semuanya akan selalu terasa indah... dan sekarang, gantian saya yang harus selalu memotivvasi semua asisten untuk beribadah menyenangkan hati orang lain lewat pekerjaan kami, dan memberikan yang terbaik untuk mereka..

"yang ikhlas ya mbak,ngerjainnya...biar semuanya seneng..mandar jadi berkah..amiin"

2 komentar:

  1. Salam kenal...makasih udh follow bunda..skrg gantian bunda yg follow...
    Alhamdulillah apapun yg bunda kerja kan dr subuh sampai malam hari di dlm keluarga...bunda yakin semua adalah ibadah di mata Allah.....

    BalasHapus
  2. bunda,,semoga apa yang bunda kerjakan dari subuh sampai malam hari dalam keluarga bunda bisa menjadi jihad bunda untuk keluarga bunda...bahagianya ya bunda bisa menjadi seorang ibu rumah tangga..=)

    BalasHapus